Pages

Senin, 10 Oktober 2011

Minta Naik Gaji? Siapa Takut



Kerja sudah maksimal, perjuangan sudah sampai titik darah penghabisan, tapi hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan apa yang kita korbankan. Meminta kenaikan gaji bukanlah hal yang salah, namun harus diperhatikan juga tata karma agar tidak salah langkah dalam meminta kenaikan gaji. 

Saya punya beberapa tips dan langkah yang bisa kalian perhitungkan untuk meminta kenaikan gaji:

Yang pertama, cari tahu mengenai peraturan perusahaan. Hal ini merupakan hal  yang paling penting kapan waktu perusahaan menaikkan gaji karyawan. Apa yang menjadi ukuran suatu karyawan bisa dinaikkan gajinya.

Kedua, bandingkan gaji dengan perusahaan lain. Perbandingan ini harus disesuaikan dengan besarnya tanggung jawab yang sama dan juga jabatan yang sama. Dengan ini, anda dapat menemukan perkiraaan jumlah gaji yang tepat untuk diajukan kepada atasan.

Yang ketiga. Ketika semua persiapan sudah matang, cobalah mengatur jadwal dengan atasan. Carilah waktu yang tepat untuk membicarakan permasalahan ini. Jangan sampai anda mengatur jadwal disaat kondisi perusahaan sedang rumit, maka sudah pasti permohonan anda bisa ditolak mentah-mentah.

Keempat, utarakan keinginan anda langsung pada pokok permasalahan dengan jelas. Jangan terlalu lama berbasa-basi hal ini bisa menjadikan persepsi yang tidak jelas. Usahakan dalam menyebutkan nominal dengan jelas.

Yang kelima jangan pernah mencoba untuk mengancam. Jangan pernah meminta kenaikan gaji dengan cara mengintimidasi. Yaitu dengan cara menyombongkan diri bahwa anda mampu diterima diperusahaan lain dengan penghasilan yang lebih besar. Sikap ini hanya akan menambah masalah bahkan terlihat buruk dihadapan atasan.

Bagaimana tips-tips tadi. Apakah anda siap untuk mengajukan kenaikan gaji? Jika keenam hal diatas belum anda laksanakan dengan benar, maka anda tidak akan mendapatkan kenaikan gaji.

Sumber Gambar:
http://www.karir-up.com/wp-content/uploads/2009/02/uang.jpg

1 komentar:

Anonim mengatakan...

wah bagus juga nih, coba ah nanti mau minta naikin gaji ku ah...

Posting Komentar