Pages

Rabu, 28 September 2011

Serunya Berpakaian Unik Ala Cosplay


Dulu mungkin kita sering kali berangan-angan untuk menjadi jagoan atau berpakaian seperti karakter jagoan kita, tapi apakah nanti tidak dicela orang lain dengan berpakaian aneh seperti itu. Tapi sekarang kita bisa saja berpakaian seperti mereka karena Cosplay (Costum Play) sudah menjadi gaya fashion terbaru dan seringkali diadakan festival para jagoan-jagoan ini.

Buat kalian yang belum mengerti apa itu Cosplay (Costum Play) yaitu istilah dari bahasa Inggris buatan Jepang (wasei-eigo) yang berasal dari gabungan kata “Costume” (kostum) dan “Play” (bermain). Cosplay bisa diartikan pula bermain mengenakan pakaian beserta aksesori dan rias wajah seperti yang digunakan oleh para tokoh-tokoh anime, manga, dongeng, video game, dan sebagainya. 

Sedangkan orang yang melakukan Cosplay disebut dengan istilah Cosplayer atau biasa disingkat Layer dikalangan penggemar Cosplay.


 
Pada tahun 1960-an, para penggemar cerita dan film fiksi ilmiah di Amerika Serikat sering mengadakan konveksi fiksi ilmiah. Pesertanya sendiri menggunakan kostum tokoh-tokoh yang ada dalam film Star Trek.
Di Jepang sendiri peragaan Cosplay pertama kali dilangsungkan tahun 1978 di Ashinoko, dalam bentuk pesta topeng konvesi fiksi ilmiah Nihon SF Taikai ke-17. Acara Cosplay sendiri menjadi semakin sering diadakan karena adanya liputan besar-besaran oleh majalah Fanroad edisi perdana bulan Agustus 1980 yang memuat berita khusus tentang munculnya sekelompok anak muda yang disebut dengan “Tominoko Zoku” ber cosplay dikawasan Harajuku dengan mengenakan baju Gundam. 

Sekitar pada tahun 1985, hoby cosplay semakin meluas dijepang karena cosplay telah menjadi sesuatu hal yang mudah dilakukan dan pada waktu itu tokoh yang sedang populer adalah Kapten Tstain Tsubasa dan hanya dengan menggunakan T-Shirt pemain bola Kapten Tsubasa orang sudah bisa bersocplay.

Kalau di Jepang perserta Cosplay umumnya biasa ditemukan dalam acara yang diadakan perkumpulan sesame penggemar (dojin circle) atau menghadiri konser dari grup music yang bergenre visual kei. Sekarang penggemar Cosplay telah banyak tersebar diseluruh dunia yaitu Amerika, Cina, Eropa, Filipina bahkan Indonesia. 




 
Dahulu di Indonesia Cosplay sangat jarang karena untuk berpakaian ala Cosplay membutuhkan desainer pakaian yang handal karena bentuknya yang sangat rumit. Tapi sekarang telah banyak diperjualbelikan Cosplay baik yang satu set maupun per bagian, namun harga umum untuk coplay sendiri tergolong mahal karena desainnya yang rumit, namun bagi yang hoby dengan cosplay dengan harga seperti itupun tidak jadi masalah. 

Ini adalah video beberapa contoh Cosplay dari karakter Naruto.

 
Sumber Gambar:
http://thecomicking.net/wp-content/uploads/2011/02/cosplay.jpg
http://pic.tradeage.com/naruto-uzumaki-naruto-cosplay-wig-59097.jpeg
http://pic.tradeage.com/jiraiya-naruto-cosplay-costume-22734.jpeg
http://www.mooncostumes.com/image/18089
http://4.bp.blogspot.com/-e1zMzQZUCe4/TcDJqcKxmXI/AAAAAAAAAsE/i3XlfHoKtMU/s1600/1b6de8e842upcos5.jpg.jpg