Pages

Rabu, 12 Oktober 2011

Kenali Stres dan Tanda-tandanya



 Beban hidup seperti pekerjaan maupun tekanan batin merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan stress. Dampaknya sangat buruk baik bagi kesehatan maupun rohani. Jika sudah terkena stress maka segala macam kegiatan tidak akan berjalan dengan baik.

Terkadang kita sendiri juga tidak menyadari apakah kita sedang dilanda stress atau tidak, karena mungkin sudah terbiasa stres. Sebenarnya stress juga mempunyai tanda-tanda yang akan saya bahas dibawah ini.


Yang pertama, adanya gatal pada kulit. Jika anda mengalami gatal-gatal pada kulit anda akhir-akhir ini, coba perhatikan tingkat steess anda dan cobalah cari solusi untuk menghilangkannya. Stress membuat perubahan pada sel-sel kekebalan yang ditemukan di kulit dan membuat sel itu lebih aktif dari biasanya. Stres bisa mengakibatkan kondisi bahkan seperti psoriasis, rosacea, atau lebih buruk lagi seperti eksim.


Kedua, merasa mual. Stress dapat juga memicu ketidaknyaman di perut. Pada tingkat stress yang tinggi menunjukkan peningkatan gejala seperti sakit perut. Hal ini disebabkan hormon yang dilepaskan akibat dari stress dam kecemasan.


Yang ketiga, adanya rasa nyeri pada rahang. Penyebab rahang nyeri terjadi bukan hanya karena sakit gigi, secara emosional stress juga dapat membuat otot-otot rahang sakit. Gejala ini biasanya terjadi pada saat kita bangun tidur. Pada saat anda merasa panic, usahakan untuk memfokuskan merelaksasi rahang anda.


Keempat, terjadi kedutan pada  mata. Walaupun factor yang menyebabkan mata kedutan tidak diketahui, bisa jadi ini merupakan tanda anda membutuhkan istirahat dan bersantai sejenak. Kedutan akan hilang setelah tidur nyenyak dimalam hari. Kelebihan kafein dan kelelahan bisa menjadi penyebab utama mata kedutan.


Pada saat mengalami stress, kadar hormon kortisol meningkat. Hal ini menyebabkan Terjadinya nyeri pada gusi.terjadinya sensai terbakar diseluruh tubuh termasuk gusi. Bisa juga melemahkan sistem kekebalan tubuh, yang memicu terjadinya pertumbuhan bakteri di mulut dan memicu iritasi dan juga peradangan pada gusi.

Pada saat stress, tubuh mengalami pertahanan yang bisa memicu jantung berdebar dan adrenalin yang meningkat. Salah satu cara yang paling baik untuk menghilangkan stress adalah dengan sering-sering melakukan olahraga. Selain itu makanan juga berperan penting, kurangi mengkonsumi kopi dan jauhi makanan yang menggunakan banyak bumbu.

Bagaimana?? Lebih baik anda mengenal gejalanya sebelum merasakannya. Lebih baik mencegah daripada mengobati.

Sumber Gambar:
http://wedetectives.com/wp-content/uploads/2011/06/stress.jpg
http://multiply.com/mu/catatanonline/image/2/photos/upload/300x300/RtK7FwoKCtIAAEiS9cw1/ibumuntah.jpg?et=fdTANma21W8qj%2BbDu%2B1eQA&nmid=55432544
http://images.detik.com/content/2011/08/11/763/garuk-ts-dalam.jpg
http://accuratehealth.files.wordpress.com/2010/10/sakit-gigi.jpg
http://2.bp.blogspot.com/_tQf3Civ3lMg/S7SFcsT5XVI/AAAAAAAABT4/q5jg1WrmUOE/s320/eyes.jpg