Pages

Kamis, 20 Oktober 2011

Jangan Asal Pilih Sepatu Olahraga


Olahraga merupakan suatu hal yang amat penting untuk menjaga kebugaran tubuh kita. Apalagi jika anda melakukannya secara teratur seperti lari, jalan kaki, maupun bersepeda 2-3 kali sehari. Dengan begitu anda membutuhkan benda yang paling penting yaitu sepatu.

Kita tidak bisa mengandalkan sepatu yang biasa, yang hanya terlihat seperti sepatu olahraga dengan sol karet, bertali panjang dan bermodel keren dan mahal. Kita membutuhkan sepatu yang sesuai dengan olahraga yang akan kita lakukan.

Kenapa Perlu Sepatu yang Khusus?                                              
Sepatu yang khusus akan meminimalkan risiko terjadinya cedera dan hal itu sangatlah penting. Sebaiknya biasakan menggunakan sepatu yang sesuai dengan jenis olahraga dan tidak membiasakan menggunakan sepatu asal-asalan untuk segala latihan. Sepatu juga harus sesuai dengan bentuk dan ukuran kaki, dan jangan terlalu dipaksakan.

Saya punya tips memilih sepatu yang benar untuk jenis olahraga hiking dan tennis:
 
Sepatu Hiking
Kekuatan dan kualitas sepatu hiking sangat diperlukan. Sepatu ini sengaja dirancang agar nyaman berada dimedan berat seperti berbatu, becek, berlumpur dan tidak stabil. Sepatu hiking dibagi menjadi dua jenis, ada yang ringan (untuk jangka waktu sejam atau sehari) dan ada yang berat (kuat hingga seminggu dan medan yang lebih berat).

Sepatu Hiking sebaiknya memiliki sol yang keras dan tebal hal ini berguna untuk melindungi kaki dari benda keras dan tajam seperti batu, dan kerikil tajam. Bagian solnya memiliki gerigi yang dalam aga kaki dapat mencengkram tanah dan tidak mudah terpeleset. Bagian pergelangan kaki biasanya tinggi dan terdapat bantalan untuk melindungi agar tidak terkilir. 

Selain itu sepatu hiking sebaiknya memiliki bantalan untuk meredam tekanan sehingga kaki tidak mudah lelah. Setelah itu bagian luar dirancangg tahan air dan cepat kering sehingga kaki tidak lembab dan mudah lecet.


Sepatu Tenis
Hal yang harus diperhatikan untuk memilih sepatu tenis adalah pastikan dulu jenis lapangan yang bagimanakah yang akan kita gunakan untuk bermain, apakah rumput, sintetis, karpet atau tanah liat. Berbeda lapangan berbeda pula jenis sepatu yang diperlukan.

Sepatu tenis sebaiknya bagian luarnya cukup keras, sedangkan pada sisi solnya melebar untuk melindungi kaki saat bergerak kekiri maupun kekanan. Bagian atas agak tinggi untuk melindungi pergelangan kaki ketika bergerak memutar, melompat, berbelok, serta berlari secara cepat dan tiba-tiba.

Pada bagian depan lebih baik bagian ibu jari lebih tebal agar mampu menahan berat badan saat melakukan serve.

Berikut ini adalah cara memilih sol sepatu tenis sesuai dengan jenis lapangan:

Untuk lapangan tenis yang terbuat dari tanah liat (clay court) sebaiknya solnya bermotif zig-zag (herringbone) dan biasanya sepatu ini sangat ringan.

Lapangan jenis rumput (grass court) sebaiknya menggunakan sol yang memiliki paku-paku kecil dari karet, hal ini disebabkan agar tidak mudah terpeleset karena kondisi rumput yang basah.

Untuk jenis lapangan sintetis yang keras (hard court). Sebaiknya gunakan jenis sepatu dengan sol herringbone atau dengan paku-paku kecil.

Jika anda bermain dilapangan indoor beralas karpet sebaiknya gunakan sepatu tenis dengan sol yang hampir rata sehingga tidak mudah tersandung atau menghambat gerak ketika anda beraksi.

Nah itu dia dua jenis olahraga saja yang bisa saya bahas di artikel ini. Jadi boleh-boleh saja memilih sepatu olahraga karena warna dan modelnya yang keren. Tapi harus dipertimbangkan pula factor fungsi dan kemanan kaki.

Sumber Gambar:
http://4.bp.blogspot.com/_1FUkN2TJCSg/TL2lm8gtKTI/AAAAAAAAAcQ/4YrR-MOsZzw/s1600/den+9176.jpg
http://img205.imageshack.us/img205/3301/hikingshoes.jpg
http://3.bp.blogspot.com/_0tsiVSxMQws/TP3AKzDoKMI/AAAAAAAABp8/6r1Z-fEJepg/s1600/STENIS%2BNIKE%2BHTM%2B%252840-45%2529.JPG