Pages

Jumat, 19 Agustus 2011

Hati-hati Terhadap Kejahatan Pembiusan Saat Mudik


Sebentar lagi Lebaran tiba dan akan ada banyak sekali pemudik. Mudik memang menjadi banyak perhatian orang, salah satunya para kriminalitas. Bagi kalian yang akan pulang kampung harap berhati-hati karena tiap tahunnya banyak korban-korban yang terkena tindak kejahatan pembiusan. Baik pembiusan langsung, maupun melalui media seperti minuman dan makanan. 

Berikut ini ada tips yang diberikan oleh Kabid Humas Polda Metro Jaya agar anda terhindar dari pembiusan dan hipnotis di saat mudik ataupun balik.

Pertama, kalian sebaiknya jangan terlalu mudah percaya dengan orang lain yang sama sekali belum anda kenal. Karena banyak para pelaku kejahatan yang bisa menghipnotis anda jika anda mulai memasuki pembicaraan mereka.

Kedua, selama perjalanan pemudik harus banyak ingat dengan Yang Maha Esa dan jangan berjalan kemana-mana sendirian, saling mengawasi dan mengingatkan satu sama lain.

Yang ketiga jangan mudah menerima makanan dan minuman. Sebab bisa saja makanan dan minuman itu sudah diracun. Lebih baik anda siap sedia dengan membawa makanan dan minuman sendiri untuk mengantisipasi kejahatan ini.

Keempat, kenali modus-modus pelaku pembiusan. Sang pelaku biasanya beraksi ditempat yang ramai dengan pemudik. Modus biasanya pelaku berpura-pura mengajak bicara dan setelah akrab ia akan memberikan sesuatu, entah itu makanan atau minuman.

Yang kelima, bila ada masyarakat yang mengetahui korban pembiusan segeralah lapor ke kantor polisi atau kemanan terdekat.

Saya juga ada tips yang cukup bagus yaitu gunakan masker agar jika terjadi pembiusan langsung menggunakan sapu tangan anda tidak menghirup racun yang diberikan dan langsung bisa memberontak untuk menjauhinya.

0 komentar:

Posting Komentar