Pages

Kamis, 25 Agustus 2011

Hindari Makan Berlebihan Saat Lebaran



Beberapa hari lagi lebaran akan tiba, dan ciri khas dari lebaran adalah banyaknya makanan-makanan baik makan pembuka, utama sampai dengan penutup hadir pada saat lebaran.

Saat lebaran terjadi banyak perubahan pola makan dan juga perubahan aktivitas. Hidangan yang hadir umumnya gurih, lezat dan manis.
 



 Menu khas yang biasa muncul setiap lebaran adalah ketupat, opor ayam, ketupat sayur, sambal goreng, rendang dan juga berbagai macam jenis kue-kue kering seperti kue nastar, kue putri salju, kastengel beserta minuman yang manis-manis.

Makanan jenis ini tentunya banyak mengandung protein, gula dan lemak. Makanan manis yang berasal dari karbohidrat akan mudah diserap tubuh, jika tidak diimbangi dengan aktivitas fisik yang seimbang maka akan menyebabkan penimbunan lemak.

Kebanyakan lemak akan menaikkan kadar kolesterol, dan juga mempersempit pembuluh darah. Akibatnya aliran darah menjadi kurang lancar dan bisa memicu penyakit jantung. Selain itu penyakit yang muncul akibat makan tidak terkendali yaitu gangguan pencernaan seperti diare dan maag, hal ini disebabkan perut kaget karena sudah selama sebulan perut berpuasa.

Yang perlu diwaspadai adalah penyakit diabetes bagi mereka yang mempunyai sejarah menyandang penyakit ini. Jika kita tidak secara bijaksana dalam mengatur pola makan maka akan terjadi peningkatan kadar gula darah yang tidak diinginkan.

Nah itulah tadi sedikit info agar kalian tidak makan makanan yang berlebihan karena bisa menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit.

0 komentar:

Posting Komentar