Pages

Kamis, 10 November 2011

Robot Asimo Kini Makin Pintar dan Luwes


Buat kalian yang tidak tahu apa itu Asimo yaitu sebuah Robot Humonoid buatan salah satu perusahaan otomotir Honda yang bisa melakukan gerakan-gerakan manusia seperti, berjabat tangan, bermain sepak bola dan berjalan di tangga.

Baru-baru ini Asimo kembali ditampilkan dengan kelebihan barunya yaitu lebih lentur atau luwes bergerak dan berinteraksi dengan manusia. Gerakan-gerakan yang mudah seperti memegang gelas dan menuangkan anggur dapat ia lakukan dengan sangat baik.

 
Selain itu Asimo juga bisa berkomunikasi dengan menggunakan bahasa tubuh seperti mengatakan “I Love You” bahkan ia bisa juga menggunakan kedua jarinya untuk membentuk ungkapan “keren” atau “metal”.
Kenapa Asimo bisa melakukan ini? 

Karena Asimo telah dilengkapi dengan teknologi kontrol perilaku otomatis yang bisa dibilang pertama kalinya digunakan didunia. Bahkan ia bisa bergerak bebas tanpa diberi perintah atau dikontrol oleh seorang operator.

 
Asimo yang terbaru memiliki tingkat kecerdasan yang lebih tinggi daripada Asimo yang sebelumnya dan kemampuan fisik yang dapat beradaptasi dengan situasi baru disekitarnya, selain itu ia juga bisa mengenali suara dari banyak orang yang berbeda yang sedang berbicara berbarengan.

Karena kemampuannya tadi, Asimo juga bisa memprediksi arah seseorang akan berjalan hanya dalam hitungan detik, hal itu ia dapat dari informasi yang ada pada seperangkat sensor ruang. Dengan demikian Asimo bisa menentukan jalur alternatif bagi dirinya sendiri dengan cepat dan terhindar dari menabrak orang atau benda yang berada disekitarnya.

 
Bagi para kalangan penyuka robot, Asimo sudah menjadi sangat terkenal dan sering tampil di beberapa negara. Pada tahun 2006 Asimo pernah tampil di Indonesia dalam sebuah acara di Jakarta Convention Center dihadapan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. 

Pada saat itu Asimo menunjukkan kebolehannya yaitu dengan menyapa pak Presiden SBY. “Selamat malam Bapak Presiden, nama saya Asimo. Ibu saya Honda”. Pada saat itu Asimo dibuat menggunakan Bahasa Indonesia berlogak batak dan ia juga sempat menari Tortor dari Sumatera Barat.

Ini adalah video kelebihan yang ada pada Robot Honda Asimo saat ini:


Sumber Gambar:

4 komentar:

WINA PRIVATE COURSE mengatakan...

Kita tertinggal jauh...orang udah mikir kemana, kita masih saja rebutan kursi di DPR dan Kursi panas Birokrasi.... Suatu saat hanya dengan robot saja kita dikalahkan.

sentuhan ajaib pasutri mengatakan...

diera global Indonesia masih sangat tertinggal jauh dengan negara lain

rizkikurnia mengatakan...

sebenarnya untk masalah teknologi robot Indonesia tidak kalah jauh. Bisa dilihat dari para perguruan2 tinggi yg mengikuti kontes robot tp sayangnya kurang mendapat perhatian dari pemerintah, karena pemerintahannya sibuk seperti yg dikatakan oleh mbak WINA...

Anonim mengatakan...

menari Tortor dari Sumatera Barat???
yang bener aja loe?

Posting Komentar