Pages

Rabu, 21 Desember 2011

Ritual Malam Tahun Baru


Yah sebentar lagi tahun akan berganti, selamat tinggal 2011 dan selamat datang 2012.

Malam Tahun baru merupakan malam yang dinanti-nanti oleh seluruh warga dunia, karena dimalam tahun baru ini selain tugas sehari-hari yang biasa kita kerjakan berhenti sementara, selain itu menyambut tahun baru ternyata suatu hal yang menyenangakan bagi seluruh penjuru dunia.

Ritual-ritual atau kebiasaan yang selalu hadir disetiap tahun baru beraneka ragam bagi tiap-tiap orang dan disini saya akan memberitahukan apa saja ritual yang saya lakukan pada saat menyambut awal tahun baru.


Bakar Ayam
Selagi menunggu datangnya pergantian awal tahun baru lebih enak diselingi dengan bakar ayam, yah kadang juga bakar jagung dan sebagainya.

Kegiatan rutin ini memang banyak dilakukan oleh banyak orang, dan biasanya saya lakukan sebelum malam tahun baru, karena kalau setelah malam tahun baru bisa-bisa sudah pada ngantuk dan malas ngerjainnya.

Kegiatan ini kita bisa dirasakan dilakuakan oleh banyak orang dan bisa kita lihat pasar penuh dengan para pembeli yang memborong ayam potongan untuk malam tahun baru.

bakar ayam biasanya dilakukan disalah satu rumah kawan atau sahabat terdekat, bahkan acara bakar-bakaran ini tidak hanya dilakukan oleh kalangan remaja tetapi juga orang-orang tua sebagai ajang silaturahmi.


Terompet
Kurang sedap rasanya jika menyambut datangnya tahun baru tanpa meniup terompet. Mungkin suatu hal yang sedikit aneh, tapi bisa kita lihat hari inipun sudah banyak para penjual terompet yang mangkal dimana-mana, dari yang berbentuk biasa, saksofon, terompet tanjidor bahkan yang masih banyak lagi jenis terompet lainnya. 

Mulai dari yang mahal sampai yang murah, apalagi kalian membelinya sehari atau dihari sebelum pergantian tahun, bisa jadi harganya sangat mahal.

Kalau saya lebih suka terompet yang menggunakan karet atau plastic karena bisa dipakai sampai tahun-tahun berikutnya, selain itu suaranya juga lebih kencang. Kalau terompet yang bahannya seperti karton biasanya sekali pakai, selain itu mudah rusak.


Kembang Api
Biasanya setelah melakukan bakar-bakaran saya melakukan pawai bersama teman-teman ketempat yang biasa mengadakan pesta kembang api. 

Inilalah yang menjadi keindahan dimalam tahun baru, selain detik demi detik menunggu datangnya tahun baru, kembang api merupakan tanda datangnya malam tahun baru.

Pada tahun baru, tempat-tempat seperti monas, ancol, puncak maupun tempat lainnya sangat dipadati oleh pengunjung, jika kalian berencana kesana sebaiknya datanglah pada siang hari.

Tadinya tujuan kami adalah musium kota tua atau monas, tapi ternyata kondisi jalanan pada saat malam tahun baru itu sungguh macet dan tidak bergerak sama sekali.

Akhirnya kami terhenti di bundaran H.I, ternyata disana juga ada acara kembang api, dan banyak sekali pengunjung disana, bahkan jalanan yang biasanya digunakan sebagai jalan menjadi lahan parkiran bagi pengunjung yang ada disana.

Para pedagang juga tidak mau kalah saing dengan menggunakan badan jalan sebagai lahan mereka untuk berdagang, dan yang saya heran polisi-polisi yang berada disana memaklumi suasana pada malam tahun baru, padahal tidak mungkin kan kita parker di tengah-tengah bundaran H.I kalau dihari biasa.

Nah itulah tadi beberapa ritual yang saya lakukan dalam menyambut tahun baru, semoga malam tahun baru bulan ini bisa ketempat lain yang lebih indah. Happy New Year 2012!!

Sumber Gambar:

2 komentar:

API Airline mengatakan...

wah dah gak sabar nuggu tahun baru,
cz hanya tinggal beberapa hari lagi nih

rizkikurnia mengatakan...

sama,,,ane jg udah gak sabar,,,,semoga aja gak ujan malam taun baruan nanti.. Amin.. (^,^)

Posting Komentar