Pages

Kamis, 13 Oktober 2011

Terpana dengan Musik Keren Beatbox


Pertama kali saya mendengar jenis music ini di suatu café di daerah Kemang. Pertama kali mendengar saya langsung tertarik karena suara yang dikeluarkan membuat saya bergetar dan heran bagaimana bisa suara seperti itu muncul dari dalam mulut manusia. Setelah saya cari ternyata jenis music ini Beatbox namanya.
Manusia memang memiliki kelebihan salah satunya yaitu menirukan suara benda lain. Beatbox merupakan salah satu bentuk seni yang memfokuskan dalam menghasilkan ketukan bunyi-bunyi ritmis dan ketukan drum, namun kini telah berkembang menjadi suara lainnya misalnya seperti robot dan efek-efek lainnya.
Alat yang digunakan sangat sederhana, seperti mulut, lidah, bibir dan rongga-rongga ucap yang lainnya. Pemain beatbox biasa dikenal dengan beatboxer.
Pada saat itu saya tercengang dengan suara robot seperti transformer yang dikeluarkan oleh seorang beatboxer. Suara lain seperti efek-efek film juga bisa disuarakan oleh para beatboxer.
Saya sangat heran kenapa dia bisa menirukan suara drum dan alat-alat music lainnya sangat mirip dengan aslinya. Bahkan yang lebih mengherankannya lagi mereka bisa memainkan seolah-olah ada dua beatboxer.
Beatbox sendiri mulai di awal modern hiphop diujung-ujung jalan seperti Chicago, Bronx dan LA, dan beatbox juga memiliki influence dari music jazz dan blues. Kebanyakan Beatboxer dimainkan oleh laki-laki, namun makin berkembangnya jaman wanitapun ikut serta meramaikan dunia beatbox ini.
Di Sekarang ini jenis music beatbox sudah mulai merambah ke Indonesia, dan bahkan mereka sudah mempunyai banyak komunitas beatbox. Beberapa event seperti beatbox battle juga sering diadakan di Indonesia.
Bagi kalian yang belum pernah mendengar seorang beatboxer beraksi, bisa lihat di video ini.

SUmber Gambar:


4 komentar:

Danny Sihombing mengatakan...

saya juga pernah tuh, udah lama tapi.. ada lima orang, penampilannya keren deh..

kunjungbalik ya ke blog cantikalayanti.blogspot.com

Aji Prast mengatakan...

Di Indonesia masih baru nih, belum begitu populer. Mungkin karena kurang diekspos media juga kali ya.

rizkikurnia mengatakan...

Danny: Ohh itu dia duet/battle kali...

rizkikurnia mengatakan...

Aji: Di Indonesia udh lumayan lama sih, mungkin emang eksposnya kurang...yang tau mungkin yg sesama hobi aja...

Posting Komentar