Pages

Kamis, 03 November 2011

Awas Smartphone Palsu di Internet


iPhone 4S memang menjadi incaran para pecinta gadget sejak pertama kali ia keluar. Baik lewat toko barang-barang elektronik maupun online shop. Dan sekarang yang menjadi masalahnya adalah banyaknya penjualan online shop yang menjual barang palsu. 

Dari segi fisik mungkin tidak bisa terlihat perbedaannya namun jika kita lebih teliti lagi maka akan ketahuan mana yang asli dan mana yang palsu dan pasti kalian tertarik dengan harganya yang lebih murah dengan yang aslinya.

Dengan harga yang miring pastinya ada sesuatu yang dikurangi misalnya seperti spesifikasi, kualitas, keawetan maupun keaslian perangkat barang tersebut. Untuk menghindari adanya barang palsu, saya ada tips yang cukup bagus untuk kalian simak.

Pertama, kenali harga smartphone yang akan kalian beli. Jika harga yang ditawarkan terlalu murah dari biasanya, atau apabila reseller memberikan diskon yang tinggi, maka barang tersebut patut dipertanyakan. Bisa saja barang itu palsu.



Kedua, cermati apa saja spesifikasinya. Walaupun secara fisik smartphone tersebut sama, namun seringkali ia memiliki spesifikasi yang berbeda. Bisa jadi ditambahkan fitur atau malah bahkan mengurangi fitur yang seharusnya sudah ada didalam smartphone aslinya.

Ketiga, periksa apakah ada kebijakan pengembalian barang. Reseller yang asli mempunyai kebijakan pengembalian barang kepada konsumen. Hal ini dilakukan demi kepuasan konsumen, dan waspadai apabila reseller anda tidak menawarkan hal ini.

Keempat, cek Garansi. Semua perusahaan smartphone memiliki garansi resmi yang melingkupi aksesoris dan software. Sebelum membeli pastikan anda sudah hafal garansi resmi apa sajakah yang terkait dengan smartphone itu, jika anda belum pernah mendengarnya sebelumnya sebaiknya pilih yang lain.

Kelima, cek akun Facebook atau Twitter. Banyak reseller yang menggunakan media social ini untuk menawarkan smartphone. Sebaiknya akun-akun ini harus anda cek kapan ia bergabung disitus itu, kemudian lihat komen-komen apa saja yang ad disana. Dari sini kita bisa melihat reputasi mereka apakah baik atau buruk.

Nah itulah tadi sekilas tips yang harus kalian perhatikan kalau kalian ingin membeli smartphone lewat internet. Jangan malu untuk bertanya langsung smartphone terseubut asli atau paslu.

Sumber Gambar:

0 komentar:

Posting Komentar