Pages

Kamis, 24 November 2011

Berjalan Cepat Lebih Menyehatkan


Jalan kaki merupakan salah satu olahraga murah dan yang pasti menyehatkan.

Tapi ternyata orang yang berjalan kaki dengan langkah yang cepat lebih menyehatkan dibandingkan dengan berjalan kaki dengan santai.

Sebuah studi menemukan bahwa manula yang berjalan dengan langkah yang cepat bisa hidup lebih lama jika dibandingkan dengan rekan-rekan mereka yang biasanya berjalan lambat.

 
American Medical Association (AMA) meneliti kecepatan berjalan kaki pada sekitar 35 ribu orang responden. Bagi manula dengan usia 75 atau lebih, para pejalan kaki cepat bisa hidup lebih lama. Dan hasilnya adalah sekitar 87 persen pria berjalan kaki cepat bisa hidup lebih panjang hingga 10 tahun dibandingkan dengan para pria berjalan kaki lambat.

 
Para peneliti tidak mengasumsikan bahwa hanya dengan mengambil kecepatan berjalan lantas bisa memanjangkan umur. Namun tubuh manusia mempunyai batas kecepatan yang sesuai dengan system kerja di dalam tubuh. 

Selain membuat hidup lebih panjang, tenyata berjalan kaki dengan hanya 9,5 kilometer (enam mil seminggu) dapat menjaga otak agar tidak mudah pikun ketika kita sudah tua. Bahkan perempuan yang berjalan secara teratur dengan langkah cepat memiliki risiko terkena stroke hampir mencapai 40 persen lebih rendah.

Nah bagaimana? Setelah melihat betapa bagusnya berjalan kaki bagi tubuh kita, apakah kalian akan mulai berjalan saat ini atau membiarkan kaki kalian terdiam di motor atau dimobil.

Sumber Gambar:

4 komentar:

Kirman mengatakan...

Benar tuh... makanya ane sekarang rajin jalan kl ke kantor dibanding naik ojek. Sekalian menghemat... hehehe

Anonim mengatakan...

Jalan emang bikin sehat...

rizkikurnia mengatakan...

Kirman: Bener...selain lebih hemat, lebih sehat juga..

Anonim mengatakan...

daripada naik mobil atau motor mending jalan kaki biar tambang sehat badan dan tulang tambah kuat

Posting Komentar