Pages

Senin, 28 November 2011

Pertolongan Pertama Pada Ponsel Basah



Musim hujan telah tiba, walaupun kita tidak mengetahui kapan hujan datang terkadang hujan datang secara tiba-tiba.

Salah satu benda yang dapat menemani kita disaat berteduh adalah ponsel. Bisa saja ketika kita sudah berada ditempat yang aman tapi tiba-tiba ponsel kita terlempar karena kondisi tangan kita yang basah dan licin. 

Kemudian terjatuh kekubangan atau tenggelam dilumpur.
Jika musibah ini terjadi, yang harus dilakukan adalah kita jangan panik dan langsung mengambil tindakan pertolongan pertama pada ponsel basah.


Jika ponsel kalian tercebur kesebuah lumpur dan langsung mati, salah satu caranya adalah dengan menambahkannya dengan guyuran air lagi. Walaupun mengerikan, memang itulah yang harus dilakukan, agar lumpur-lumpur tadi bersih dan tidak berkerak ketika kering.

Siram dengan cara memegang ponsel anda secara vertical agar air mudah mengalir, kemudian tutup bagian-bagian pada lubang ponsel seperti jack audio, port USB, speaker dan mikrofon dengan jari lalu guyur dengan air secara bersih, jangan tambahkan sabun meskipun tercium bau tidak sedap.


Setelah ponsel disiram dengan benar, kemudian keringkan. Karena semakin cepat kalian mengeringkan ponsel yang basah tadi, akan semakin baik pula. Pada saat mengeringkan jangan menghidupkan ponsel atau menekan tombol apapun ketika ponsel dalam keadaan basah.

Bukalah casing ponsel lalu lepas baterai. Lap ponsel menggunakan kain halus atau serat halus. Jika sudah nampak kering gunakan hair dryer atau pengering rambut dari berbagai macam sudut.


Jika langkah-langkah yang tadi gagal untuk menghidupkan kembali handphohe anda, maka salah satu cara yang benar adalah membawanya kepusat layanan. Karena ini merupakan kesalahan kalian, biasanya pihak vendor tidak menanggung biaya perbaikan dan penggantian komponen. Jadi kalian harus membayar walaupun ponsel masih dalam masa garansi. 

Jika kalian cukup pintar bernegosiasi, kalian bisa bicara seolah-olah handphone itu mati dengan sendirinya, karena mereka tidak akan tahu kalah handphone itu tercebur karena kita telah menghilangkan barang bukti berupa air ataupun lumpur yang masuk. Tapi dosa kalian yang nanggung ya.   :p

Sumber Gambar:

0 komentar:

Posting Komentar