Pages

Selasa, 22 November 2011

Ponsel Dapat Menyebabkan Sakit Leher


Terkadang hal kecil yang tidak kita sadari ternyata sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh kita juga, seperti halnya penggunaan Smartphone atau bisa juga Tablet dapat menyebabkan sakit diseputar leher atau “text neck”.

Kondisi ini sering dijumpai akibat orang lebih sering menundukkan kepaal ketika menggunakan telpon seluler, layar computer atau tablet.

Ternyata gangguan ini disebabkan oleh peregangan leher dalam jangka waktu yang panjang yang dapat menyebabkan kerusakaan permanen pada arthritis jika tidak dirawat. Dalam kondisi yang parah, otot-otot ini akan tertekuk sehingga akan menyakitkan jika diluruskan ke posisi yang benar.


Hal ini bisa terjadi karena sendi dan jaringan di leher tak dibangun untuk dapat menahan posisi membungkuk dalam waktu yang lama sehingga akan menyebabkan rasa yang nyeri pada leher jika terlalu banyak tekanan.
Ternyata dampak dari gadget ini tidak sampai pada sakit leher saja, bahkan bisa juga menyebar hingga ke sakit kepala, lengan bahu, dan nyeri pada pergelangan tangan.

Semakin populer dan meningkatnya pengguna smartphone dan tablet membuat kasus ini bisa jadi semakin bertambah.

Jika seseorang secara terus-menerus melakukan ini, maka tubuh secara bertahap akan beradaptasi dengan tekanan sehingga menyebabkan tingkat keparahan kerusakan yang mungkin tidak dapat dikembalikan.

Jika posisi kepala dan leher yang salah dalam waktu yang lama dapat menyebabkan kelengkungan dari leher yang nantinya akan sangat sulit untuk dipulihkan sehingga berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yang sangat serius.


 
Anak-anak lebih beresiko terkena gangguan ini karena berat kepala mereka lebih besar dari tubuh mereka. Ketika kepala mereka membungkuk ke depan maka otot lebih banyak digunakan.

Kondisi ini dapat dihindari yaitu dengan secara rutin beristirahat setiap 10 menit dan lakukan duduk lurus ke depan dengan memegang telepon atau tablet sedikit lebih tinggi sehingga tablet berada diposisi setingkat dengan mata. Dengan melakukan olahraga teratur juga bisa mencegah timbulnya sakit leher ini.

Nah itulah tadi tips agar kalian dapat terhindar dari sakit leher karena terlalu lama bermain dengan gadget.

Sumber Gambar:

0 komentar:

Posting Komentar